Review Vivo V9: Smartphone Unik Cocok Buat Daily Driver

onlineavodartgeneric – Mengikuti tren smartphone Android yang bakal memiliki desain poni alias notch di tahun 2018, Vivo pun ikut meramaikan dengan merilis suksesor dari Vivo V7 ini. Vivo V9 bisa dikatakan menjadi smartphone yang kaya fitur, bukan hanya mengandalkan kemampuan kamera selfie-nya.

Lalu apakah smartphone terbaru Vivo ini layak banget kamu jadikan daily driver untuk menemani keseharian kamu? Yuk mending simak dulu ulasan Jaka tentang review Vivo V9 berikut guys.Spesifikasi Lengkap dan Review Vivo V9

Sebagai suksesor dari Vivo V7, smartphone ini tergolong membawa banyak perubahan terutama di segi desain. Layar Vivo V9 kini mengandalkan desain poni alias notch. Tetap mengandalkan kamera selfie 24MP, apa lagi yang dibawa oleh Vivo V9?

Smartphone Unik Cocok Buat Daily Driver

Kelengkapan Box Vivo V9

Smartphone yang pada peluncurannya dirilis dengan harga Rp3.999.000,- ini kini mengandalkan dual kamera pada kamera utama dan desain belakang yang ciamik.

Nah jika kamu penasaran, berikut adalah detail spesifikasi lengkap Vivo V9 selengkapnya guys.

Spesifikasi Vivo V9
Dimensi 154.8 x 75.1 x 7.9 mm
Berat 150 gram
Jaringan GSM/HSPA/LTE
Dual SIM (Nano SIM, dual stand-by, triple slots
Layar IPS LCD capacitive touchscreen
6.3 inci 1080 x 2280 piksel rasio 18:9
Screen-to-body-ratio 90%
Chipset Qualcomm Snapdragon 450 octa-core 1.8GHz
GPU Adreno 506
Memori 4GB RAM, 64GB memori internal
Micro SD hingga 256GB
Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan Funtouch OS 4.0
Kamera Kamera Belakang Dual 13MP + 2MP
Kamera Depan 24MP
Baterai 3900 mAh
Fitur Lain Fingerprint Sensor, Face Unlock, USB on-the-go

Desain Cantik Kekinian dengan Layar Poni

Bagian paling menonjol pada Vivo V9 terutama terletak pada sisi depan yang telah menggunakan layar FullView Display dengan rasio 19:9 terbaru. Smartphone ini pun menyematkan poni alias notch pada bagian atas yang terdiri dari proximity sensorearpiece, kamera selfie dan LED notification.

Bagian Depan Vivo V9

Sisi belakang makin terkesan mewah karena Vivo V9 menggunakan material polycarbonate yang sudah diberikan coating seperti kaca. Pada bagian ini ada juga dual kamera, sensor sidik jari dan logo Vivo dengan garis emas. Sayangnya kedua bagian ini rentan banget meninggalkan sisa sidik jari guys.

Lanjut ke sisi samping kanan, Vivo V9 meletakkan tombol power dan volume up and down di posisi yang pas. Sementara itu di sisi sebaliknya ada sebuah tray yang sudah mendukung triple slots, untuk dua kartu SIM dan sebuah micro SD.

Bagian Belakang Vivo V9

Melihat ke sisi bawah terdapat lubang audio jack 3.5mm, mikrofon, speaker dan port chargeryang masih microUSB. Di sisi atas kamu nggak akan menemukan apapun baik itu IR blaster maupun mikrofon tambahan untuk noise canceling.

Layar FullView Display 19:9 Nyaman Digenggam

Di sisi layar, Vivo V9 kini mengandalkan FullView Display baru dengan rasio 19:9 yang tampak lebih luas. Kualitas layar ini juga tampak lebih baik dengan menggunakan panel beresolusi FullHD+ (1080 x 2280 piksel) dan menyajikan kecerahan yang baik.

Layar Vivo V9

Walaupun memiliki ukuran 6.3 inci, Vivo V9 tetap nyaman digenggam dan dikantongi karena memiliki feel seperti smartphone 5.5 inci pada umumnya. Sayangnya saat digenggam smartphone ini memiliki kesan tajam terutama di bagian pinggiran layar.

Nah untungnya Vivo mengikutsertakan softcase dalam paket penjualan yang cukup untuk mengatasi masalah ini. Ada juga antigores yang sudah terpasang sehingga kamu nggak perlu repot beli lagi sih.

Dibekali Android 8.1 Oreo dengan Funtouch OS 4.0

Ya sudah tahu kan ya Funtouch OS memiliki feel seperti apa. Namun jangan salah sangka, kini Vivo V9 sudah membawa Funtouch OS 4.0 dengan basis Android 8.1 Oreo loh! Jika Jaka rasakan, Funtouch OS memang menawarkan pengalaman yang unik.

Funtouch OS 4.0 Vivo V9

Dari tombol navigasi pada Vivo V9 kamu bisa menghilangkannya dan menggunakan swipe berupa gesture pada bagian bawah layar untuk memunculkan control center, tombol home dan back.

Di sisi lain, Funtouch OS 4.0 juga memiliki fitur terbaru lain seperti Game Mode, Mode Splitscreen, dan Face Unlock untuk segi keamanannya.

Kelengkapan Sensor Vivo V9

Sementara itu soal kelengkapan sensor, Vivo V9 sudah terbilang cukup lengkap dengan hadirnya sensor gyroscope dan kompas. Tentu sangat membantu banget untuk bermain virtual reality (AR)atau mengetahui arah mata angin guys.

Kinerja Lelet dengan Chipset Snapdragon 450?!

Mungkin banyak dari kamu meragukan kinerja yang mampu dihadirkan oleh chipset Qualcomm Snapdragon 450? Namun nyatanya chipset ini menggunakan basis yang sama dengan Qualcomm Snapdragon 625. Berbedanya hanya di kecepatan clock speed yang sedikit diturunkan loh!

Untuk kapasitas memori yang digunakan, Vivo V9 telah mengandalkan 4GB RAM dan 64GB memori internal yang bisa ditambah hingga 256GB lewat microSD tambahan.

Chipset Vivo V9

Lalu bagaimanakah dengan performa dan pengalaman dari Vivo V9? Smartphone ini bisa dibilang nggak memiliki masalah saat dipergunakan untuk multitasking dan perpindahan aplikasi masih dirasa cukup lancar.

Sementara buat kamu yang penganut skor benchmark, Vivo V9 mendapatkan 77.112 poin pada AnTuTu Benchmark v7.0.7. Dan pada aplikasi Geekbench 4.2.0, Vivo V9 meraih skor 779 poin pada Single-Core dan 3988 poin pada Multi-Core.

Skor AnTuTu Vivo V9
Skor Geekbench Vivo V9

Pengalaman Game dengan Fitur Game Mode Terbaru

Sama seperti sebelumnya, Vivo V9 menghadirkan pengalaman game terbaru berkat fitur Game Mode terbaru di Funtouch OS 4.0. Di sini kamu bisa mengatur dan memblokir baik notifikasi, panggilan telepon hingga tombol navigasi.

Tampilan Game Mode Vivo V9

Untuk bermain game, Vivo V9 memberikan pengalaman yang lancar pada beberapa game seperti Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile. Apalagi dengan layar FullHD+, memberikan kualitas yang lebih jernih dibanding Vivo V7 yang sebelumnya Jaka pernah review.

Gameplay Mobile Legends Vivo V9

Namun sayangnya kamu nggak akan mendapatkan tampilan lebih lebar. Pada berbagai game yang Jaka mainkan, kamu hanya akan mendapatkan rasio 16:9 dengan bagian tepi kiri dan kanan terpotong dengan border berwarna hitam guys.

Baterai Hemat dan Pengisian Daya Cepat

Vivo V9 berdasarkan aplikasi AIDA 64 memiliki kapasitas baterai 3900 mAh yang tergolong cukup besar. Dalam pemakaian normal Vivo V9 dapat bertahan seharian dengan waktu standby hingga sekitar 16 jam.

Battery Log Vivo V9

Sementara itu untuk pengisian daya, Vivo V9 juga tergolong cepat. Dengan menggunakan charger 5V 2A, Vivo V9 mampu mengisi daya mulai 20% hingga 100% dalam waktu 2 jam saja. Gimana menurutmu guys?

Untuk fitur lain, kamu juga bisa menggunakan fitur USB on-the-go untuk mengisi daya smartphone lain. Namun di sini kamu memerlukan konektor USB OTG tambahan yang tidak ada dalam paket penjualan.

Sektor Fotografi dengan Dual Kamera dan Kamera Selfie 24MP

Vivo V9 tetap mengandalkan kamera depan 24MP dengan berbagai fitur baru, seperti AI Selfie Camera, AI Face Beauty, AR Sticker dan AI Selfie Lighting. Berbeda dengan Vivo V7, pada seri ini Vivo meniadakan LED Softlight. Mungkin karena penggunaan poni yang lumayan kecil loh!

Kamera Utama Vivo V9

Sementara itu pada kamera belakang, Vivo V9 sudah menggunakan teknologi dual kamera 13MP + 2MP untuk menciptakan foto bokeh yang lebih dramatis. Performanya bisa dibilang mumpuni di kondisi cukup cahaya, namun agak kurang terutama pada kondisi lowlight.

Untuk kamu yang penasaran, berikut beberapa hasil foto yang dihasilkan kamera selfie dan kamera utama dari Vivo V9. Cekidot!

Hasil Dual Kamera Utama Vivo V9

Hasil Foto Kamera Utama Vivo V9 - 1
Hasil Foto Kamera Utama Vivo V9 - 2
Hasil Foto Kamera Utama Vivo V9 - 3
Hasil Foto Kamera Utama Vivo V9 - 4

Hasil Kamera Selfie Vivo V9

Hasil Foto Selfie Vivo V9 - 1
Hasil Foto Selfie Vivo V9 - 2
Hasil Foto Selfie Vivo V9 - 3

Price to Performance

Dengan banderol harga Rp3.999.000,- Vivo V9 bisa menjadi pilihan smartphone terbaik buat kamu yang memerlukan smartphone unik dengan segudang fitur. Sebagai rekomendasi smartphone daily driver, Vivo V9 tergolong asyik digunakan lewat berbagai gesture.

Article By :